Selengkapnya
Link Download Power Point
Makalah Strategi Belajar Mengajar (Model Pembelajaran Berpusat Pada Guru)
BAB I
PENDAHULUAN
Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif didalam proses pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal.
Untuk dapat mengembangkan model pembelajaran yang efektif maka setiap guru harus memiliki pengetahuan yang memadai berkenaan dengan konsep dan cara-cara pengimplementasian model-model tersebut dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang efektif memiliki keterkaiatan dengan tingkat pemahaman guru terhadap perkembangan dan kondisi siswa-siswa di kelas. Demikian juga pentingnya pemahaman guru terhadap sarana dan fasilitas sekolah yang tersedia, kondisi kelas dan beberapa faktor lain yang terkait dengan pembelajaran.
Mempertimbangkan pentingnya hal di atas maka pada bagian ini anda di ajak untuk membahas secara mendalam model-model pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Presentasi dan Penjelasan
1) Memilih tujuan dan isi presentasi.
2) Mendiagnosis pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.
3) Memilih advance organizer yang tepat dan kuat.
4) Merencakan penggunaan waktu dan ruang.
Model presentasi ini terdiri dari empat fase utama, yaitu:
1. Mengklarifikasikan tujuan pelajaran dan menyiapkan siswa untuk belajar.
2. Presentasi sebuah advance organizer.
3. Mempresentasikan info baru yang dimaksud.
4. Memantau dan memeriksa pemahaman siswa serta memperluas dan memperkuat keterampilan berpikir mereka.
B. Pengajaran Langsung
1. Pengertian Pengajaran Langsung
2. Perencanaan Pengajaran Langsung
a. Menyiapkan tujuan
b. Melaksanakan Analisis Tugas
c. Merencanakan Waktu dan Ruang
3. Melaksanakan Pelajaran dengan Model Pengajaran Langsung
a. Memberikan tujuan dan establishing set
b. Melaksanakan demonstrasi
c. Menguasai dan memahami sepenuhnya
d. Berlatih
e. Memberikan guided practice
f. Memberikan praktik yang pendek dan bermakna
g. Memberikan praktik untuk meningkatkan Overlearning
h. Memperhatikan tahap-tahap awal praktik
i. Memeriksa pemahaman dan memberikan umpan balik
4. Pengajaran konsep
Sebuah konsep pengajaran pada dasarnya terdiri dari empat fase, yaitu :
1. Mempresentasi tujuan
2. Memberikan masukan baik examples atau non-examples
3. Menguji pencapaian konsep
4. Menganalisis proses berpikir siswa
5. Prinsip Dasar Pendidikan Kontekstual
1. Prinsip Dasar Pendidikan Kontekstual
2. Strategi Pendidikan Kontekstual
6. Prinsip Ilmiah dalam CTL
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Presentasi adalah model yang berpusat pada guru, Namun sebelum guru mempresentasikan dan menjelaskan kepada siswa, guru harus merencanakan terlebih dahulu dengan melakukan:
a. Memilih tujuan dan isi presentasi.
b. Mendiagnosis pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.
c. Memilih advance organizer yang tepat dan kuat.
d. Merencakan penggunaan waktu dan ruang.
Model-model pembelajaran interakti yang berpusat pada guru antara lain:
1. Presentasi dan penjelasan
2. Pengajaran langsung
3. Pengajaran konsep
Lihat Makalah Lain :