Kali ini Saya akan membahas tentang cara membuat sitemap yang paling gampang. Tapi sebelumnya apa itu sitemap? Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dan artinya jika situs/blog Kamu dapat ditemukan oleh mesin pencari, situs/blog Kamu haruslah mempunyai sebuah sitemap.
Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut Saya akan uraikan langkah untuk membuat sitemap di berbagai platform blog.


BLOGGER/BLOGSPOT    



    Jika Kamu menggunakan blogger sebagai platform untuk bloging, Kamu tidak perlu membuat sebuah sitemap karena blogger otomatis memberikan sitemap pada setiap blog. Kamu cukup mengaksesnya dengan url blogkamu.com/sitemap.xml
WORDPRESS.COM 


 


     
    Sama halnya dengan Blogger, platform bloging Wordpress.com juga memberikan kemudahan dengan otomatis memberikan sitempa pada setiap blognya. Cukup dengan mengakses url blogkamu.com/sitemap.xml Kamu sudah dapat melihatnya.
 


WORDPRESS.ORG/WORDPRESS SELF HOSTED



    Berbeda denga platform bloging lainnya, platform bloging self hosted memiliki berberapa perbedaan. Salah satunya membuat sebuah sitemap. Pada Wordpress self hosted membuat sebuah sitemap haruslah memakai sebuah plugin atau buat secara manual. Banyak plugin yang bisa membuatkan sitemap untuk blog Kamu, tapi yang paling Saya suka adalah Yoast SEO. Selain menyediakan sitemap otomatis Yoast SEO juga sangan membantu dalam hal pengoptimisasian sebuah blog. Cara membuat sitemap pada SEO:
    ·         Masuk ke dashboard admin. Jika belum menginstal Yoast SEO klik plugin kemudian klik tambah baru, cari Yoast SEO lalu instal dan aktifkan. Ikuti semua petunjuk yang diberikan setelah mengaktifkan Yoast SEO.
    ·         Jika kalian sudah mengaktifkan Yoast SEO. Klik SEO yang berlogo ‘Y’ lalu pilih peta situs XML/XML sitemap.
    ·         Pada halaman ini Kamu dapat menyesuaikan maksimum entri yang akan dimasukan kedalam sitemap, peta situs pengguna, excluded post, dan taksonomi
Nah itu tadi adalah cara mudah membuat sitemap pada beberapa platform bloging. Semoga dapat membantu.
Terima Kasih  :)
 
Top
close