Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Strategi Belajar Mengajar (Variasi Mengajar)

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Variasi Mengajar)

BAB I
PENDAHULUAN

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses belajar mengajar adakalanya siswa, bahkan guru mengalami kejenuhan. Hal ini tentu menjadi problem bagi tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi kejenuhan itu perlu diciptakan situasi dan kondisi belajar mengajar yang bervariasi, apabila guru mampu menghadirkan proses  mengajar yang bervariasi, kemungkianan besar kejenuhan itu tidak akan terjadi.

Kejenuhan siswa dalam memperoleh pelajaran dapat diamati selama proses belajar mengajar berlangsung seperti kurang perhatian, mengantuk, mengobrol dengan sesama teman, atau pura-pura ke kamar kecil hanya untuk menghindari kebosanan. Karenanya, pengajaran yang bervariasi sangat urgent sehingga situasi dan kondisi belajar mengajar berjalan normal.

BAB II
PEMBAHASAN

A.       Pengertian Variasi Mengajar

B.       Tujuan Variasi Mengajar

1. Agar perhatian siswa meningkat
2. Memotivasi siswa
3. Menjaga wibawa guru
4. Mendorong kelengkapan fasilitas pengajaran

C.       Prinsip-prinsip Variasi Mengajar

D.      Kearifan Penggunaan Variasi Mengajar

E.       Manfaat Variasi Mengajar

F.        Dimensi-dimensi Variasi Mengajar

1. Variasi gaya mengajar

a. Gaya mengajar klasik
b. Gaya mengajar teknologi
c. Gaya mengajar personalisasi
d. Gaya mengajar interaksional

2. Variasi bahan ajar, media dan metode

a. Variasi bahan ajar
b. Variasi Media     

1) Variasi media pandang
2) Variasi media dengar
3) Variasi media taktil

3. Variasi interaksi

G.      Variasi Mengajar pada Model-model Belajar

1. Visual
2. Auditorial
3. Kinestetik

BAB III
PENUTUP

Variasi pembelajaran adalah salah satu variabel dalam kompetensi paedagogis yang harus dikembangkan secara terus menerus oleh pembelajar. Semakin banyak variasi strategi pembelajaran, baik teacher-centered maupun student centered, yang diterapkan dalam proses belajar mengajar, maka pembelajaran tersebut akan berlangsung dinamis. Pembelajar akan termotivasi dengan semakin banyaknya strategi yang berbeda tersebut.

Dari pembahasan, bisa ditarik kesimpulan bahwa variasi gaya mengajar adalah pengubahan tingkah laku, sikap dan perbuatan guru dalam kontek belajar mengajar yang bertujuan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi terhadap pelajarannya. Dan ini bisa dibuktikan melalui ketekunan, antusiasme, keaktifan mereka dalam belajar dan mengikuti pelajarannya di kelas.




Baca Makalah Lin :




 
Top
close