Prinsip-prinsip Program Pengayaan
- Pada postingan sebelumnya telah saya uraikan mengenai pengertian dan
jenis-jenis program pengayaan. Maka sekarang saya akan share tentang
bagaimana prinsip-prinsip program pengayaan tersebut. Prinsip-prinsip
program pengayaan yang perlu diperhatikan dalam mengonsep program
pengayaan menurut Khatena (1992):
- Inovasi. Guru perlu menyesuaikan program yang diterapkannya dengan kekhasan peserta didik, karakteristik kelas serta lingkungan hidup dan budaya peserta didik.
- Kegiatan yang memperkaya. Dalam menyusun materi dan mendisain pembelajaran pengayaan, kembangkan dengan kegiatan yang menyenangkan, membangkitkan minat, merangsang pertanyaan, dan sumber-sumber yang bervariasi dan memperkaya.
- Merencanakan metodologi yang luas dan metode yang lebih bervariasi. Misalnya dengan memberikan project, pengembangan minat dan aktivitas-akitivitas menggugah (playful). Menerapkan informasi terbaru, hasil-hasil penelitian atau kemajuan program-program pendidikan terkini.
Sedangkan Passow (1993) menyarankan bahwa dalam merancang program pengayaan, penting untuk memperhatikan 3 hal:
- Keluasan dan kedalaman dari pendekatan yang digunakan
Pendekatan dan materi
yang diberikan tidak hanya berisi yang yang luarnya (kulit-kulitnya)
saja tetapi diberikan dengan lebih menyeluruh dan lebih mendalam.
Contoh: membahas mengenai prinsip Phytagoras, tidak hanya memberikan
rumus dan pemecahan soal saja tetapi juga memberikan pemahaman yang luas
dari mulai sejarah terbentuknya hukum-hukum phytagoras dan bagaimana
penerapan prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
- Tempo dan kecepatan dalam membawakan program
Sesuaikan
cara pemberian materi dengan tempo dan kecepatan peserta didik dalam
menangkap materi yang diajarkan. Hal ini berkaitan dengan kecepatan daya
tangkap yang dimiliki peserta didik sehingga materi dapat diberikan
dengan lebih mendalam dan lebih dinamis untuk menghindari kebosanan
karena peserta didik yang telah menguasai materi pelajaran yang
diberikan di kelas.
- Memperhatikan isi dan tujuan dari materi yang diberikan
Hal ini bertujuan agar
kurikulum yang dirancang lebih tepat guna dan responsif terhadap
kebutuhan peserta didik. Renzulli (1979) menyatakan bahwa program
pengayaan berbeda dengan program akselerasi karena pengayaan dirancang
dengan lebih memperhatikan keunikan dan kebutuhan individual dari
peserta didik.